Apakah Backlink Itu?

Halo kawan semua, kali ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan saya mengenai apa yang dimaksud dengan backlink itu. Backlink atau tautan balik atau inbound link merupakan sebuah link hidup di halaman website lain yang mana link tersebut dibuat menggunakan URL website kita. URL tersebut diletakkan pada atribut href yang bisa kita lihat jika kita inspect element di area dimana backlink tersebut berada.

Backlink merupakan salah satu faktor penting di dalam SEO selain dari faktor lainnya yang terdiri dari nama domain, konten, serta keyword.

Jenis-jenis Backlink

Secara garis besar backlink terdiri dari 2 jenis, yakni: backlink dengan naked link dan backlink dengan anchor text. Selain dari itu ada juga backlink yang berupa kontekstual link dan backlink yang berupa link profil. Dua jenis backlink yang terakhir ini bisa bersarang di backlink dengan naked link serta di backlink dengan anchor text secara sama baiknya.

Backlink dengan Naked Link

Backlink jenis ini merupakan backlink yang dipasang apa adanya di suatu halaman website sehingga tampilannya mirip dengan URL yang bisa ditemukan di address bar yang bisa ditemukan di peramban ketika kita sedang membuka halaman website di blog ini.

Untuk melihat contoh backlink dengan naked link silahkan Anda kunjungi halaman blog berikut ini: https://bit.ly/2KikeFL, maka Anda akan menemukan backlink dengan naked link seperti pada screenshot berikut ini:

Contoh backlink dengan naked link.

Setelah melihat contoh backlink dengan naked link tersebut diatas, kita tentunya bisa mengenali jenis backlink ini dengan mudah.

Backlink jenis ini bisa dibuat dengan menyalin kode berikut ini:

<a href="http://www.bengkelseo.com">http://www.bengkelseo.com</a>

dan kemudian menempelkannya di halaman website yang diinginkan.

Backlink dengan Anchor Text

Backlink jenis ini cara membuatnya sama dengan yang diatas, namun text yang berada di antara html tag “a” (<a></a>) diganti dengan 1 atau lebih kata-kata yang diinginkan. Kata-kata yang ditempatkan diantara html tag “a” dinamakan sebagai “Anchor Text”.

Untuk contoh backlink jenis ini Anda bisa mengunjungi halaman blog yang sama maka Anda akan menemukan backlink dengan anchor text “jasa SEO” tanpa tanda kutip seperti pada screenshot berikut ini:

Contoh backlink dengan anchor text.

Setelah melihat contoh backlink dengan anchor text tersebut diatas, kita tentunya bisa mengenali jenis backlink ini dengan mudah.

Backlink jenis ini bisa dibuat dengan menyalin kode berikut ini:

<a href="http://www.bengkelseo.com">jasa SEO</a>

dan kemudian menempelkannya di halaman website yang diinginkan.

Backlink Kontekstual Link

Dua jenis yang tersebut diatas sebenarnya adalah backlink dengan “kontekstual link” karena berada di dalam artikel serta secara natural terlihat sebagai bagian dari artikel tersebut.

Backlink Link Profil

Backlink link profil sebenarnya jenisnya sangat terbatas karena sangat tergantung kepada space yang disediakan oleh si empunya platform, misalnya di intensedebate; disini, mereka memberikan kebebasan secara penuh kepada kita untuk menempatkan link kita di profil page mereka dengan atau tanpa anchor text. Setelah diberikan kebebasan ini, sebaiknya kita bisa berpikir secara bijak dalam menggunakannya soalnya kalau tidak salah ada pepatah yang menyebutkan seperti ini: “di dalam kebebasan yang besar terdapat tanggung jawab yang besar pula”, walahualam.

Tentu saja kita bisa menambahkan beberapa atribbute kepada tag “a” dalam backlink kita yang diantaranya adalah: rel, target, dan tittle. Di dalam contoh tersebut diatas tidak kita bahas, mungkin nanti di artikel lain, ya. Tentu saja Anda boleh bereksperimen mengenai atribbute-atribbute apa saja yang diperlukan untuk backlink website Anda, jadi Anda tidak perlu mencontoh kode tersebut diatas.

Nah, demikianlah yang bisa saya poskan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang sibuk mencari artikel tentang Apakah Backlink Itu.

Tinggalkan Balasan