Apakah Meta Description Itu?

Halo, kawan. Selamat bertemu kembali dengan saya pada artikel sederhana yang mengusung tema apakah meta description itu. Apakah meta description itu? Mengapa meta description? Apa pengaruhnya terhadap halaman website kita? Apakah ada hubungannya dengan keyword ranking kita? Jika itu memang berguna, bagaimanakah cara membuatnya? Itulah beberapa pertanyaan yang melandasi artikel saya kali ini. OK, tanpa membuang lebih banyak waktu lagi saya akan mengajak Anda untuk mencoba menjawabnya bersama-sama.

Apakah meta description itu?

Ini adalah sebuah kode html yang tidak ditampilkan untuk dibaca oleh manusia melainkan perayap mesin pencari. Ini berisikan topic utama atau ringkasan isi halaman website dimana ini ditempatkan. Karena jumlah karakter yang tampil di hasil pencarian mesin pencari pada saat artikel ini dibuat tidak lebih dari 155 karakter, maka banyak orang mengatakan bahwa sebaiknya ini panjangnya tidak boleh melebihi 155 karakter. Tidak pernah diketahui secara pasti apakah perayap mesin pencari membaca karakter ini selebihnya dari 155 karakter atau tidak, tetapi ada juga beberapa orang yang nekat membuat ini lebih dari 155 kata dengan harapan perayap mesin pencari tetap akan membacanya karena orang-orang tersebut telah menyelipkan beberapa keyword yang menjadi harapannya sehingga membuat ini lebih dari 155 karakter.

Mengapa meta description?

Ini adalah suatu jalan istimewa yang mempermudah pekerjaan perayap mesin pencari serta kita untuk secepatnya mengetahui tentang apa sebenarnya sebuah konten itu berbicara. Daripada membaca konten yang memakan waktu lama, sebuah perayap mesin pencari pertama kali akan membaca meta description  sehingga mendapatkan gambaran secara jelas mengenai isi dari keseluruhan konten yang harus dirayapinya. Keberadaan ini membuat kita bertanya-tanya apakah benar setelah merayapinya perayap mesin pencari kemudian merayapi keseluruhan konten ataukah tidak? Ataukah perayapan keseluruhan konten dilakukan dilain hari setelah dirasa halaman website yang bersangkutan telah stabil? Ataukah cuma masalah pengindeksasian keseluruhan konten dilakukan belakangan setelah beberapa waktu berselang sesudah indeksasi meta description? Demikian hal ini belum kita ketahui secara pasti karena belum ada penjelasan dari mesin pencari itu sendiri atau memang mereka enggan untuk mempublikasikannya untuk suatu alasan tertentu saya juga belum tahu.

Tentu saja hal tersebut diatas tidaklah terlalu menjadi ganjalan bagi kita yang sudah terbiasa menggunakan search console karena kita bisa menginspeksi URL dari halaman website kita melalui form inspeksi yang sudah disediakan sehingga bisa dipastikan perayap merayapi konten yang ada di halaman website yang kita inspeksi. Meskipun sedemikian pentingnya meta description itu, kita sebaiknya juga memberikan deskripsi yang sebaik-baiknya pada paragraf pertama artikel kita karena ada juga mesin pencari yang mengabaikan meta description dan justru malah membaca paragraf pertama artikel yang kita poskan di halaman website kita. Ini bisa kita ketahui dari potongan paragraf yang terpampang dibawah link halaman website yang muncul di halaman hasil pencarian mesin pencari tersebut diatas yang isinya bukanlah isi dari meta description melainkan isi dari paragraf pertama artikel kita.

Apa pengaruhnya terhadap halaman website kita?

Seperti yang sudah kita bahas diatas, meta description adalah bagian pertama yang dirayapi oleh perayap mesin pencari, jadi, ini akan mengurangi beban perayap dalam merayapi konten kita karena perayap sudah mengetahui terlebih dahulu tentang apa konten kita berisi. Ini sepertinya akan membuat halaman website kita lebih disukai sehingga pada saat terjadi pencarian yang berkenaan dengan kata-kata yang terdapat di dalam meta description milik kita, maka sepertinya halaman website kita akan terangkat posisinya di halaman hasil pencariannya.

Apakah ada hubungannya dengan keyword ranking kita?

Sepertinya ada, kalau kita mau meyelipkan keyword kita secara baik pada meta description sehingga bisa dipastikan akan terbaca oleh perayap mesin pencari yang sedang merayapinya. Sebesar apa pengaruhnya pada kenaikan ranking keyword kita masih cukup sulit untuk diketahui karena kita juga harus melihat beberapa factor lain yang mempengaruhinya yang diantaranya adalah backlink dan social signal.

Bagaimankah cara membuat meta description itu?

Sebenarnya cara membuatnya sangatlah mudah, Anda bisa melihatnya di bawah ini:

<meta name=” ” content=” ”>

Spasi kosong pada atribut name bisa kita ganti dengan nama metanya dalam hal ini adalah description, sedangkan spasi kosong pada atribut content bisa kita ganti dengan isi descriptionnya sebagai contoh adalah Top SEO Services garansi Page One Google. Maka kode meta description milik kita akan jadi seperti di bawah ini:

<meta name="description" content="Top SEO Services garansi Page One Google">

Kemudian, copy-paste code tersebut di atas di suatu tempat diantara tag <head> dan </head> di halaman html website milik kita. Kita tidak boleh lupa untuk mengeklik button save agar meta description kita bisa tersimpan dan terbaca oleh perayap mesin pencari dengan baik.

Nah, demikianlah yang bisa kita pelajari bersama kali ini, atas kesalahannya saya memohon maaf, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari konten dengan topic apakah meta description itu.

Tinggalkan Balasan