cara agar website tampil di halaman pertama google

Cara Agar Website Tampil di Halaman Pertama Google

Halo kawan, kali ini kita akan membahas topik cara agar website tampil dihalaman pertama google. Topik ini bukan merupakan topik yang baru bagi internet marketer yang sibuk seperti Anda, namun demikian tetap saja kita perlu membahasnya dengan harapan dapat digalilah pengetahuan-pengetahuan baru yang akan mendukung kesuksesan website kita tampil di halaman pertama google untuk kurun waktu yang lama. Selain dari itu juga telah diketahui bahwa website yang paling banyak menerima kunjungan yang direferalkan oleh mesin pencari adalah website yang tampil di peringkat 5 besar hasil pencarian google.

Di dalam artikel ini, kita akan mencoba bersama-sama menganalisa cara-cara agar website kita tampil di page one google (halaman pertama google) sehingga bisa mendapatkan tambahan jumlah pengunjung yang signifikan dari mesin pencari. Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut ini.

Cara Agar Website Tampil di Halaman Pertama Google  Jika Kita Belum Memiliki Website

1. Riset Keyword Utama

Kita perlu memilih beberapa keyword utama yang akan kita jadikan landasan dalam mengembangkan website kita. Caranya adalah sebagai berikut ini:

1. Memilih Niche Website Sesuai dengan Minat

Jika kita menyukai fashion, maka kita akan memilih fashion sebagai niche website kita, jika kita suka sepak bola maka kita akan memilih sepak bola sebagai niche website kita.

2. Meriset Keyword Berdasarkan Niche Pilihan Kita

Taruhlah kita menggunakan Keyword Planner untuk meriset keyword utama kita dan fashion adalah niche pilihan kita, maka kita perlu memasukkan “fashion” tanpa tanda kutip ke dalam kolom pencarian keyword baru di Keyword Planner dan kemudian menekan Enter sehingga akan keluar sara-saran keyword yang cukup banyak jumlahnya. Kemudian, kita perlu mengekspor hasilnya dengan format csv untuk keperluan kita berikutnya.

3. Mencari Nama Domain yang Tepat

Kita sudah mengantongi saran-saran keyword dari Keyword Planner setelah melakukan riset keyword berdasarkan niche pilihan kita tersebut diatas. Dengannya kita akan mencari nama domain yang masih tersedia di penyedia nama domain pilihan kita. Langkah-langkah yang perlu kita lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Membuka website penyedia nama domain favorit kita;
  2. Memasukkan salah satu keyword yang kita sukai dan telah kita riset tadi;
  3. Menekan Enter untuk mendapatkan saran-saran nama domain berdasarkan keyword tersebut;
  4. Memilih salah satu nama domain yang tersedia dan disarankan;
  5. Jika tidak ada yang cocok, kita perlu mengulangi lagi langkah-langkahnya dari langkah nomor 2 sampai kita mendapatkan nama domain yang mengandung keyword yang telah kita riset sebelumnya serta sesuai dengan selera kita.

Jika kita memandang expired domain sebagai sesuatu yang lebih baik daripada fresh domain dalam segi SEO-nya, silahkan melakukan langkah-langkah tersebut diatas di expireddomains.net atau di website lain yang serupa.

Setelah mendapatkan nama domain yang tepat, segera saja kita mendaftarkannya di website penyedia nama domain favorit kita.

2. Memberi Title Website dengan Title yang Mengandung Nama Domain serta Keyword yang telah Kita Riset Tersebut Diatas

Sepertinya ini sudah cukup jelas karena kita hanya perlu memasukkan title website yang sudah siap ke dalam kolom yang sudah disediakan dan kemudian klik Save.

3. Memberi Meta Deskripsi yang Jelas dan Terdapat Kandungan Nama Domain Serta Keyword yang telah Kita Riset Tersebut Diatas

Sepertinya ini juga sudah cukup jelas karena kita hanya perlu memasukkan deskripsi  website yang sudah siap ke dalam kolom yang sudah disediakan di dalam panel plugin SEO milik kita dan kemudian klik Save. Atau bisa juga kita menambahkannya secara manual diantara html tag <head> dan </head>  di homepage website kita.

4. Menambahkan Konten yang Kaya di Homepage Kita serta Terkandung Nama Domain dan Keyword yang Telah Kita Riset Tersebut Diatas

Sudah cukup jelas, kita tinggal membuat artikel dengan panjang minimal 300 kata yang mengandung nama domain milik kita serta keyword-keyword utama yang telah kita riset sebelumnya.

5. Mendaftarkan Website Kita di Search Console

Mendaftarkan website kita di search console bisa dilakukan jika website kita sudah siap agar proses indeksasi bisa secepatnya dilakukan oleh mesin pencari.

6. Bagikan URL Website Kita Beserta Deskripsi Singkatnya ke Account Media Sosial yang Memiliki Follower  Banyak

Ini merupakan social signal yang disukai oleh mesin pencari, dihitung dari jumlah share yang didapatkannya. Semakin besar jumlah share-nya, semakin kuatlah kedudukannya di sisi mesin pencari.

Cara Agar Website Tampil di Halaman Pertama Google  Jika Kita Sudah Memiliki Website

1. Meriset Keyword Dimana Website Kita Akan Kita Rankingkan

Kita perlu menggunakan tool-tool yang sudah terkenal untuk melakukan hal ini, misalnya Keyword Planner, Long Tail Pro, dan seterusnya.

2. Memperbaiki Meta Title Website Kita dengan Cara Menambahkan Keyword yang Sudah Kita Riset Tersebut Diatas

Tentu saja kita menginginkan meta title website kita terbaca elegan dan human friendly dengan cara menyusunnya serapi mungkin sembari menambahkan keyword yang telah kita riset sebelumnya. 70 karakter merupakan jumlah maksimal panjang meta title yang banyak disarankan oleh para pakar SEO yang berada di seluruh penjuru daring.

3. Memperbaiki Meta Description Website Kita serta Menambahkan Keyword yang Sudah Kita Riset Tersebut Diatas

Ini bukanlah hal yang terlalu sulit untuk dilakukan, namun belakangan ini trend menunjukkan bahwa banyak webmaster yang menyukai meta description yang panjangnya tidak lebih dari 155 karakter.

4. Menambahkan atau Memperbaiki Konten yang ada di Homepage

Menambahkan konten artikel sepanjang minimal 300 kata yang mengandung nama domain serta keyword yang telah kita riset, atau cukup menginsertkan keywordnya  kedalam artikel yang sudah ada.

5. Meminta Mesin Pencari untuk Mengindeks Ulang Website Kita

Ini bisa dilakukan dari dalam search console dan bukanlah pekerjaan yang berat bagi webmaster berpengalaman seperti Anda. Ini perlu dilakukan agar mesin pencari bisa mengetahui perubahan yang kita lakukan secepat mungkin dan memperbaiki posisi keyword ranking website kita secepatnya pula.

6. Menambahkan Social Signal Secara Signifikan dengan Jalan Membagikan URL Website Beserta Deskripsinya di Social Media Account yang Sudah Banyak Followernya

Ini akan menarik minat mesin pencari untuk menaikkan ranking website kita pada pencarian berikutnya di keyword yang sudah kita riset tersebut diatas.

Cara Penunjang Untuk Menaikkan Posisi Website Kita ke Halaman Pertama Google

1. Gunakan Iklan Berbayar di Media Sosial yang Besar

Ini akan membuat orang yang ada di media sosial membagikan konten yang kita iklankan dan/atau mengelikenya sehingga akan menambahkan jumlah social signal yang kita miliki. Jumlah social signal yang signifikan akan membuat google merubah pandangan terhadap website kita menjadi lebih baik dan pada akhirnya menempatkannya di halaman pertama google yang menjadi impian kita selama ini. Selain itu juga, trafik berbayar yang kita dapatkan dari media sosial akan mendongkrak popularitas website kita di mata google dan akan diperhitungkan pula sebagai salah satu faktor yang menjadi alasan website kita bisa tampil di halaman pertama google nantinya.

2. Melakukan Link Building

Melakukan link building dengan baik dan benar seperti yang sudah disebutkan di artikel kita sebelumnya yang berjudul Link Building Berkualitas Untuk SEO (bagian 1 & 2) akan mempercepat laju website kita untuk tampil di halaman pertama google.

Demikianlah apa yang kita bahas kali ini, mohon maaf atas segala kekurangannya, semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari artikel dengan topik cara agar website tampil di halaman pertama google.