cara daftar website di google search

Cara Daftar Website di Google Search

Halo kawan, cara daftar website di google search merupakan topik yang akan kita bahas kali ini. Kita percaya bahwa topik ini bukanlah suatu topik yang sulit bagi kita karena kita percaya bahwa pengunjung blog ini semuanya sudah merupakan blogger kawakan yang sudah sering main google search console sehingga ini bukanlah suatu hal yang terlalu serius untuk kita perhatikan, bukan?

Nah, secara ringkas berikut ini adalah langkah-langkah mendaftarkan website di google search agar kita semua bisa melakukannya sendiri secara baik dan benar:

  1. Membuka google search console;
  2. Login menggunakan account google yang sudah dimiliki, jika belum punya, kita daftar saja sekalian;
  3. Klik “Add new property”;
  4. Memasukkan informasi yang diminta pada kolom yang tersedia serta selalu memilih pilihan yang diberi label “New” karena cepat atau lambat yang lama akan dihilangkan;
  5. Melakukan proses verifikasi yang diminta;
  6. Kemudian melakukan sitemap submission dengan baik dan benar.

Namun demikian, meskipun kita sudah mendaftarkan website kita dengan baik di google search terkadang masih juga tidak ada tanda-tanda bahwa mesin pencari tersebut akan mengindeks website yang sudah kita daftarkan.

Jika kita mengalami hal yang sedemikian ini ada baiknya kita mereview website kita barangkali ada yang salah dengannya sehingga semua itu bisa terjadi.

Pertama-tama yang harus kita periksa adalah apakah benar kita sudah memverifikasi website kita dengan baik di google search console? Jika website kita belum terverifikasi di google search console, marilah kita mengulangi  lagi proses verifikasinya sampai berhasil.

Jika website kita sudah terverifikasi dengan baik di google search console, marilah kita melangkah ke tahap berikutnya yakni sitemap submission. Ini merupakan sebuah proses dimana kita mengirimkan file sitemap ke sebuah kolom di dalam menu Sitemap yang terdapat dalam google search console.

Setelah sitemap ter-discovery dengan baik, kita akan memeriksa struktur website kita apakah internal link antar halaman di website kita kita beri atribut nofollow atau tidak? Jika iya, kita perlu menghilangkan atribut tersebut sehingga perayap mesin pencari bisa mengikutinya sehingga proses perayapan website kita bisa terselesaikan dengan baik.

Selanjutnya, kita juga perlu memeriksa apakah halaman website kita melarang perayap melakukan proses indeksasi website kita dengan memeriksa metatag robots apakah diberi atribut noindex atau tidak. Jika iya, hilangkan saja metatag tersebut atau ganti dengan atribut index agar perayap bisa mengindeks konten website kita secara baik.

Kemudian kita sebaiknya memeriksa konten-konten yang ada di website kita dari kemungkinan adanya plagiarisme menggunakan tool-tool yang ada dan tersebar di daring. Jika disinyalir ada kemungkinan plagiarisme sebaiknya kita mengganti cara menulis artikel yang selama ini kita lakukan dengan cara menulis artikel yang bisa menghasilkan artikel yang unik dan SEO friendly agar perayap google mau merayapi serta mengindeks konten-konten milik kita dengan baik.

Setelah berhasil melakukan seluruh poin tersebut diatas, kita boleh percaya bahwa kita sudah berhasil memperbaiki cara index website di google yang biasanya kita lakukan selama ini. Namun demikian, kita masih perlu menunggu barang 2 hari lagi untuk memeriksa lagi apakah benar website kita telah terdaftar dan terindeks dengan baik di google search.

Demikianlah artikel kita kali ini, mohon maaf atas segala kekurangannya, serta semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang sibuk mencari cara daftar website di google search.