Cara Membuat Backlink

Halo semua, kali ini saya ingin berbagi pengetahuan saya tentang cara membuat backlink. Seperti yang telah kita ketahui bersama, keyword ranking merupakan hal yang sangat penting di dalam mengelola website. Bagaimana tidak? Menurut banyak sumber, orang hanya membuka halaman 1-2 hasil pencarian mesin pencari atau tidak akan membuka website yang tidak termasuk di dalam top-20 hasil pencarian mesin pencari. Oleh sebab itu, semakin banyaklah orang yang berlomba-lomba mengoptimalisasikan SEO websitenya agar bisa tampil di halaman pertama hasil pencarian dengan harapan akan kebagian trafik dari mesin pencari.

Mengapa Membuat Backlink?

Seperti yang telah kita bahas bersama-sama di artikel yang berjudul Apakah Backlink Itu?backlink merupakan salah satu factor yang diperhitungkan oleh mesin pencari untuk menentukan posisi suatu halaman website pada halaman hasil pencarian untuk keyword tertentu. Oleh sebab itulah banyak sekali orang yang berlomba-lomba membuat backlink untuk website mereka masing-masing. Pada artikel ini kita akan membahas cara membuat backlink sehingga kita bisa ikut-ikutan membuat backlink sendiri untuk website kita masing-masing.

Cara Membuat Backlink

Backlink Link Kontekstual

Tanpa Anchor Text

Siapkan kode backlink yang akan digunakan, contohnya:

Model 1:

<a href=”http://www.bengkelseo.com”>http://www.bengkelseo.com</a>

Model 2:

<a rel=”follow” href=”http://www.bengkelseo.com”>http://www.bengkelseo.com</a>

Model 3:

<a rel=”nofollow” href=”http://www.bengkelseo.com”>http://www.bengkelseo.com</a>

Apakah bedanya antara kode link model 1, model 2, dan model 3 itu? Bedanya adalah, pada model 1 tidak terdapat atribut rel memiliki makna tidak ada larangan bagi perayap mesin pencari untuk mengikutinya, namun demikian, secara default mereka akan mengikutinya; pada model 2, terdapat atribut rel=”follow” artinya perayap mesin pencari dipersilahkan mengikuti link yang bersangkutan; pada model 3, terdapat atribut rel=”nofollow” artinya perayap mesin pencari dilarang mengikuti link yang bersangkutan. Kalau saya biasanya menggunakan yang model 1, yang paling sederhana maklum blogger kampungan, kalau Anda dipersilahkan memilih yang mana yang disukai dan paling sesuai dengan kebutuhan SEO Anda. O iya, selain atribut rel follow, nofollow ada juga atribut noreferrer, noopener namun kurang terkenal, pemakaiannya juga dipersilahkan suka-suka Anda semua saja ya.

Setelah siap, kode backlink yang sudah dibuat diatas bisa di copy paste di halaman html mana saja dimana backlink akan ditanam.

Dengan Anchor Text

Cara pembuatannya sama, namun text diantara tag <a> dan </a> bukan URL website kita namun berupa kata-kata yang kita inginkan dimana diharapkan website kita teranking dengan baik ketika kata-kata tersebut dijadikan istilah pencarian oleh seseorang ketika mencari menggunakan mesin pencari.

Contoh kode backlinknya adalah sebagai berikut ini:

Model 1:

<a href=”http://www.bengkelseo.com”>top seo services</a>

Model 2:

<a rel=”follow” href=”http://www.bengkelseo.com”>top seo services</a>

Model 3:

<a rel=”nofollow” href=”http://www.bengkelseo.com”>top seo services</a>

Setelah siap, kode backlink yang sudah dibuat diatas bisa di copy paste di halaman html mana saja dimana backlink akan ditanam.

Backlink Link Profil

Sebelum membuatnya, pastikan Anda menemukan website yang menyediakan akun untuk user baru atau dengan kata lain website tersebut menerima pendaftaran user baru di websitenya. Mengapa demikian? Karena website yang menerima pendaftaran user baru biasanya memiliki halaman profil pengguna dimana di halaman profil pengguna tersebut terdapat kolom atau area teks yang bisa kita isi dengan URL website kita. Nah, dengan berhasilnya kita mengisi URL pada kolom atau area teks pada halaman profil pengguna, maka telah berhasilah kita menanam backlink jenis link profil ini.

Demikianlah isi artikel ini, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang sibuk mencari artikel tentang cara membuat backlink.

Tinggalkan Balasan