Cara Menggunakan GTMetrix

Cara Menggunakan GTMetrix – Oke, kali ini saya akan menceritakan bagaimana caranya saya menggunakan tool gtmetrix (gtmetrix.com) serta apa pengaruhnya terhadap SEO. Namun sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kesediaan Anda membaca artikel ini. Tidak perlu berpanjang-lebar lagi mari kita segera masuk ke topik utama artikel ini.

Apakah GTMetrix itu?

GTMetrix adalah suatu tool yang dikembangkan oleh GT.net untuk menganalisa kecepatan website Anda. Selain itu, insight di seberapa bagus website Anda termuat serta rekomendasi-rekomendasi untuk pengoptimalisasiannya juga disediakan olehnya.

Apakah Hubungannya Antara Skor GTMetrix dengan SEO?

Menurut beberapa sumber yang tersebar di daring, Google memberikan penilaian lebih kepada website yang memiliki kecepatan loading yang tinggi (di bawah 4 detik). Maka dari itu, banyak pakar SEO yang menyebutkan kecepatan loading sebagai salah satu unsur penting dari on-page optimization pada SEO.

Bagaimanakah Caranya Menggunakan GTMetrix Itu?

Untuk menggunakan GTMetrix saya biasanya melakukan hal-hal tersebut di bawah ini secara berurutan:

  1. Saya membuka google.com di peramban favorit saya;
  2. Saya memasukkan “gtmetrix” tanpa tanda kutip ke dalam kolom pencarian kemudian saya menekan Enter;
  3. Kemudian saya memilih hasil pencarian yang memiliki URL https://gtmetrix.com/ dimana biasanya berada di ranking pertama hasil pencarian tepat dibawah iklan pencarian tertentu, setelah itu saya mengekliknya;
  4. Setelah halaman beranda gtmetrix terbuka, saya kemudian memasukkan URL lengkap website saya ke dalam kolom yang telah disediakan, dalam hal ini URL lengkap website saya adalah https://www.bengkelseo.com, kemudian saya tekan Enter sehingga speed testing oleh GTMetrix pun dimulai;
  5. Setelah beberapa saat berlangsung, hasil dari test pun nampak dan bisa segera saya analisa; untuk sementara saya merasa puas karena skor pagespeed saya adalah 97%; bukan hal yang mengherankan karena saya menggunakan tema yang sangat simple, he he he… Lain halnya jika saya menggunakan tema yang kompleks tentunya saya harus melakukan optimalisasi sana-sini agar mendapatkan skor pagespeed yang hijau di GTMetrix.

O iya hampir lupa kalau sebenarnya tool ini sengaja dibuat untuk digunakan oleh klien-klien dari managed hosting GT.net, namun demikian kiranya sekali-kali bolehlah kita menggunakannya; jika terasa oleh Anda optimalisasi website milik Anda sangat susah bolehlah Anda mencoba sekali-kali layanan managed hosting GT.net sekalian meminta bantuan kepada support mereka untuk mengoptimalisasi website Anda agar mendapatkan skor GTMetrix yang setinggi mungkin…

Demikianlah uraian saya mengenai topik ini, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari artikel yang berjudul Cara Menggunakan GTMetrix.

Tinggalkan Balasan