cara membuat artikel seo

Cara Menggunakan Keyword Planner

Dalam blogpost kali ini saya ingin berbagi bagaimana caranya saya menggunakan Keyword Planner untuk meriset keyword-keyword yang saya gunakan selama ini. Keyword Planner (selanjutnya di artikel ini saya menyebutnya sebagai KP untuk menghindari “keyword stuffing” biar tidak terkena pinalti dari gugel) merupakan sebuah alat yang dikembangkan oleh Google untuk mempermudah para kliennya yang berencana untuk memasang Google Ads. Dengan menggunakan KP, seseorang yang akan memasang Google Ads (sebelumnya disebut sebagai Google Adword), akan bisa meriset keyword yang dibidik sehingga kampanye iklannya bisa sukses; sukses disini bisa diartikan sebagai dengan sedikit cost mendapatkan banyak pengunjung atau perbandingan antara jumlah pengunjung dengan pembelian yang cukup bagus (misalnya di setiap 5 kunjungan terjadi 1 pembelian, he he he…).

Namun demikian, kali ini saya membahas pemakaian KP bukan sebagai tool untuk meriset keyword yang akan saya gunakan untuk memasang Google Ads melainkan untuk saya gunakan di dalam pembuatan artikel-artikel di dalam blog saya ini. Ini sedikit melenceng dari tujuan asli pembuatan KP oleh Google, namun demikian oleh karena saya rela blog saya ikut muncul di bawah iklan pencarian Google jika ada seseorang yang menggunakan keyword yang saya pakai sebagai istilah pencariannya di mesin pencari gugel, ya sudahlah saya jalani saja melakukan riset menggunakan KP; namun begitu saya yakin juga dengan semakin banyaknya orang menggunakan KP untuk meriset keywordnya maka persaingan keyword tersebut akan naik sehingga harga lelangnya akan meningkat. Anda pasti tahu ujung-ujungnya siapa yang diuntungkan, bukan? Maka dari itu tidak ada teguran maupun tindakan nyata dari gugel mengenai penggunaan KP yang seperti ini. Aman, bukan?

Nah, sekarang kita langsung saja membahas cara penggunaan KP. Silahkan simak baik-baik dan jangan lupa tinggalkan komentar jika kurang jelas atau ada yang salah, ya.

1. Buka Keyword Planner

Buka google.com menggunakan peramban favorit Anda kemudian lakukan pencarian untuk istilah pencarian “keyword planner”, klik atau klik kanan dan buka di tab baru link https://ads.google.com/intl/en_id/home/tools/keyword-planner/ biasanya ada di posisi teratas, di bawah Google Ads, ya.

Jika Anda sudah memiliki akun gugel maka silahkan sign in , kalau belum ya sekalian bikin aja. O iya hampir lupa, Anda juga memerlukan akun Google Ads sebelum bisa menggunakan keyword planner, namun demikian, saya percaya ini bukanlah suatu pekerjaan yang sulit untuk Anda karena tinggal register saja, bukan?

2. Masukkan Ide Keyword

Kemudian, masukkanlah ide keyword Anda ke kolom “Find New Keywords” yang tersedia. Sebaiknya masukkan satu kata saja, tekan Enter, kemudian masukkan satu kata lagi, tekan Enter lagi, demikian seterusnya sehingga ide-ide keyword Anda habis. Kenapa begitu? Karena kita menginginkan variasi keyword yang disarankan oleh KP banyak sehingga kita bisa memilih keyword-keyword yang benar-benar spesifik sesuai dengan niche yang kita inginkan.

Selanjutnya, klik button “Get Started” agar segera nampak ide-ide keyword yang disarankan oleh KP. Anda tinggal memilih keyword yang akan Anda gunakan misalnya yang paling besar volume pencariannya, atau kalau seperti saya ya yang banyak volume pencariannya sekaligus kira-kira yang paling mudah dibuat artikelnya, serta juga memiliki harga lelang dengan pertimbangan selain agar mendapatkan pengunjung juga mudah bikin artikelnya serta muncul juga iklan saat halaman website saya ditemukan saat di cari di gugel menggunakan keyword yang sudah saya riset. Jadi kelihatan keren, bukan? Cara seperti saya ini sebaiknya jangan ditiru karena bukan main stream, ya.

Setelah Anda menyortir ide-ide keyword dari KP, maka pilihlah yang mana-mana saja yang akan Anda gunakan dengan cara mencentangnya. Kemudian, Anda boleh menyimpannya dengan cara mengeklik “Add to Plan” atau bisa juga Anda mendownloadnya untuk digunakan nanti.

Nah, demikianlah caranya menggunakan Keyword Planner, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang kebingungan mencari artikel yang berjudul Cara Menggunakan Keyword Planner.

Tinggalkan Balasan