Cara Menggunakan Search Console

Halo, kawan. Kali ini kita akan membahas cara menggunakan search console.  Sebenarnya, penggunaan search console bukanlah suatu keharusan bagi seorang blogger sekalipun bahkan hanya sekali seumur blognyapun tidak mengapa, akan tetapi bagi seorang master seo ataupun seo expert seperti Anda semua membuka search console merupakan suatu kegiatan yang hampir selalu dilakukan dalam kegiatannya berseo setiap hari. Mengapa demikian? Kita akan mengetahui jawabannya setelah kita mengikuti pembahasan kita berikut ini.

1. Apakah Search Console Itu?

Ini adalah sebuah tool yang dikembangkan oleh Google yang bisa digunakan oleh webmaster untuk memastikan halaman-halaman websitenya terindeks oleh mesin pencari dengan baik.

2. Mengapa Search Console?

Pada hakekatnya, ada banyak cara agar halaman website kita bisa terindeks dengan baik oleh mesin pencari tanpa menggunakan search console, contohnya:

2.1 Submit Sitemap ke Mesin Pencari Secara Langsung

Kita akan mengetikkan kode berikut ini di kolom alamat peramban favorit kita untuk menyubmit sitemap kita langsung kepada Google:

http://www.google.com/webmasters/sitemaps/ping?sitemap=$link-sitemap

dimana $link-sitemap adalah link dimana sitemap milik kita berada, contohnya adalah:

http://www.bengkelseo.com/sitemap.xml

maka format kode yang kita ketik di kolom alamat peramban favorit kita secara lengkapnya adalah sebagai berikut:

http://www.google.com/webmasters/sitemaps/ping?sitemap=http://www.bengkelseo.com/sitemap.xml

2.2 Menanam Backlink di Halaman Website Milik Orang Lain yang Trafiknya Tinggi

Ini merupakan suatu cara yang lumayan efektif karena halaman website yang trafiknya tinggi akan memancing kedatangan perayap mesin pencari yang pada akhirnya akan menemukan link yang mengarah kepada halaman website milik kita sehingga keberadaannya diketahui oleh mesin pencari sedemikian sehingga jika halaman website kita memenuhi persyaratan tentunya akan langsung diindeks oleh mesin pencari.

Namun demikian, cara yang paling cepat adalah dengan menambahkan property baru ke search console berupa URL website kita. Dengan cara ini, perayap mesin pencari pada saat itu juga akan merayapi halaman website kita. Jika halaman website kita dianggap memenuhi syarat, maka akan secepatnya diindeks oleh mesin pencari dengan baik.

3. Bagaimana Cara Menggunakan Search Console?

Seperti yang telah kita ketahui bersama, menggunakan search console bukanlah suatu hal yang terlalu sulit bagi seorang blogger seperti kita, namun demikian pada artikel ini kita tetap akan membahasnya dikarenakan kita takut saudara kita sesama blogger ada yang belum tahu caranya sehingga mereka tidak bisa memanfaatkannya untuk kemajuan pengelolaan blog milik mereka.

3.1 Apa Saja yang Bisa Kita Lakukan dengan Search Console?

Banyak sekali, diantaranya adalah: menambahkan URL akar domain kita sebagai property kita yang baru, menambah sitemap, menginspeksi URL tertentu di website kita, mengetahui performance website kita, dan lain sebagainya.

3.2 Bagaimana Caranya Menambahkan Website Kita ke Search Console?

Pertama-tama kita harus membuka alamat URL ini

https://search.google.com/search-console/about

, kemudian kita klik button “Start now” dan kemudian sign in. Selanjutnya, kita bisa mengeklik  “Add property” di bawah logo / tulisan “Google Search Console” yang terdapat di sebelah kiri atas jendela peramban milik kita. Kemudian, kita bisa mengikuti langkah-langkah berikutnya yang disebutkan di sana sampai selesai.

3.3 Bagaimana Caranya Menambahkan Sitemap Kita ke Search Console?

Di sidebar yang terdapat di sebelah kiri jendela peramban terdapat menu “Sitemaps”, pada menu tersebut kita akan mengekliknya sehingga tertampilah fitur-fitur yang ada didalamnya. Untuk menambahkan sitemap masukkan URL sitemap kita ke kolom yang berlabel “Add a new sitemap”  kemudian klik button “Submit”, maka sukseslah kita menambahkan sitemap ke search console milik kita.

3.4 Bagaimana Caranya Menginspeksi URL di Website Kita pada Search Console?

Sebenarnya ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Kita hanya perlu mengeklik menu “URL Inspection”, setelah kolom inspeksi URL muncul, kita tinggal memasukkan URL website kita kedalamnya maka Google akan mengambil data tentang halaman website yang alamatnya adalah URL yang telah kita masukkan sebelumnya. Maka, akan tampilah hasil inspeksi URL tersebut di peramban kita. Jika kita sebelumnya telah melakukan perubahan terhadap halaman website dimana kita telah menginspeksi URLnya, maka kita perlu mengeklik button “TEST LIVE URL” yang terdapat pada sudut kanan atas peramban kita, seketika setelah kita selesai mengekliknya, perayap Google akan merayapi halaman website kita tersebut, menampilkan hasilnya, serta memberikan beberapa opsi untuk aksi kita selanjutnya. Karena dalam hal ini kita telah melakukan beberapa perubahan pada halaman website kita, maka kita perlu menyempatkan diri kita untuk mengeklik “REQUEST INDEXING” agar Google memperbaharui data-data halaman website milik kita tersebut diatas.

3.5 Bagaimana Caranya Mengetahui Performance Website Kita pada Search Console?

Untuk mengetahuinya sama sekali bukanlah hal yang sulit bagi kita. Kita hanya perlu mengeklik “Performance “ pada menu search console maka akan terpampanglah performance website kita. Disana, akan tertera total klik yang didapatkan, total impresi yang didapatkan, rata-rata jumlah klik per tayang dan posisi rata-rata (di halaman hasil pencarian mesin pencari). Jika kita tekan “Page Down” maka kita akan melihat data-data tentang istilah-istilah pencarian yang membuat halaman website kita tampil, halaman-halaman website kita yang ditampilkan, negara-negara dimana pencarian dilakukan serta halaman website kita tampil di hasil pencariannya, perangkat-perangkat yang digunakan untuk melakukan pencarian, serta jumlah impresi yang didapatkan oleh halaman website tersebut diatas.

Demikianlah ini kita buat, meskipun belum mewadahi semua yang berkaitan dengan topiknya, kita berharap bahwa ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang sibuk mencari artikel mengenai cara menggunakan search console.

Tinggalkan Balasan