Cara Mengukur Metriks DA/PA Secara Gratis

Cara Mengukur Metriks DA/PA Secara Gratis – Halo, selamat berjumpa lagi dengan saya administrator Bengkel SEO; kali ini saya memiliki keinginan untuk berbagi sedikit pengetahuan saya dengan Anda yakni pengetahuan tentang cara memeriksa DA/PA suatu website. Sebelum kita memasuki topik utama dari artikel ini, ada baiknya kita mengulas barang sedikit mengenai apa sih DA dan PA itu sehingga kita perlu bersusah-payah untuk memeriksanya?

Apakah DA Itu?

DA yang merupakan kependekan dari Domain Authority adalah suatu metriks yang sengaja dibuat oleh Moz (moz.com). Metriks ini merupakan skor peringkat mesin pencari yang berguna untuk memprediksi seberapa baik peringkat sebuah website pada halaman hasil mesin pencari (SERP). Skor ini berkisar antara 0 sampai 100, dengan skor yang lebih tinggi memiliki kemampuan peringkat yang lebih baik.

Apakah PA Itu?

PA yang merupakan kependekan dari Page Authority adalah suatu metriks yang dikembangkan oleh Moz (moz.com). Ini memiliki kegunaan dan cara kerja yang mirip dengan DA, namun bekerja untuk sebuah halaman website saja; dengan kata lain, setiap halaman web pada sebuah website bisa memiliki skor PA yang berbeda-beda sementara skor DA-nya tetap sama.

Nah, Sekarang kita telah mengetahui dengan baik apa yang dimaksud dengan DA dan PA itu, sekarang tiba waktunya kita sampai ke bagian pembahasan topik utama dari artikel ini yakni tentang cara pengukurannya. Untuk melakukan pengukuran metriks DA dan PA ini saya biasanya melakukan hal-hal yang tersebut di bawah ini:

  1. Saya membuka peramban saya, kemudian saya mengunjungi halaman website yang bisa ditemukan di https://www.seoreviewtools.com/website-authority-checker/. Halaman website tersebut menyediakan website authority checker yang berguna untuk memeriksa skor DA/PA berikut social scorenya secara gratis;
  2. Saya kemudian memasukkan URL lengkap website saya ke dalam kolom yang telah disediakan, saya tidak lupa untuk mencentang “Display Social Score” serta reCaptcha yang tersedia disana;
  3. Kemudian, saya mengeklik button “Perform Check”, sementara pengecekan berlangsung mata saya tidak terlepas dari memandang layar laptop saya agar saya tidak ketinggalan quote tentang SEO yang tertampil disana;
  4. Setelah selesai pengecekan, saya membaca secara seksama skor DA/PA yang ditampilkan oleh halaman website yang saya buka tersebut, kemudian saya screenshot untuk bahan analisa saya nantinya. Ini perlu saya lakukan agar saya mengerti apa-apa saja yang harus saya lakukan untuk menaikkan skor DA/PA website saya jika diperlukan nanti.

Demikianlah isi dari artikel yang saya poskan disini kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari artikel tentang Cara Mengukur Metriks DA/PA Secara Gratis.

Tinggalkan Balasan