Cara Meningkatkan Skor DA/PA

Halo, kali ini saya berkeinginan untuk berbagi dengan Anda sedikit pengetahuan saya tentang Cara Meningkatkan Skor DA/PA. Sebelum meneruskan membaca artikel saya kali ini, sebaiknya kita meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel yang berjudul Cara Mengukur Metriks DA/PA Secara Gratis lebih dulu.

Selanjutnya, untuk meningkatkan skor DA/PA sepertinya kita perlu melakukan poin-poin tersebut di bawah ini.

1. Memilih Nama Domain yang Relevan

Nama domain yang tidak mencerminkan niche kontennya akan membuat para pengunjungnya kebingungan bahkan mungkin akan mengurangi frekuensi kunjungannya. Oleh sebab itu, pada saat memulai sebaiknya kita memilih nama domain yang sesuai dengan nichenya. Sebagai contoh, karena niche website ini adalah SEO, maka nama domain yang digunakan adalah bengkelseo.com. Jika memiliki cukup dana, membeli domain yang berumur serta relevan dengan nichenya merupakan hal yang bagus untuk dilakukan selain dari itu biasanya mereka juga telah memiliki skor DA/PA yang tinggi pula.

2. Mengoptimalisasi Konten On-Page

Sepertinya SEO selain berarti buat ranking mesin pencari juga berarti bagi peningkatan skor DA/PA. Oleh sebab itu, kita perlu meyakinkan bahwa semua meta tags yang diperlukan telah kita optimalisasi termasuk juga penempatan keyword, kepadatan keyword, dan hal-hal lainnya yang memiliki kaitan dengan optimalisasi on-page.

3. Membuat Konten yang Linkbait

Sebaiknya kita membuat konten yang relevan dengan brand dan audiens milik kiita, berguna, informatif, kreatif, serta ditulis dengan baik. Hal ini sebenarnya memang perlu kita lakukan karena sepertinya orang tidak akan memberikan backlink kepada kita jika konten kita tidak berguna serta tidak relevan dengan brand dan audiens milik kita. Mengapa backlink? Karena salah satu parameter yang digunakan oleh Moz untuk menghitung skor DA/PA adalah jumlah backlink yang diterima.

4. Mengimprovisasi Link Internal

Link internal sepertinya berguna untuk mempermudah pembaca menemukan bagian-bagian yang hilang dari suatu konten di sebuah halaman website namun terdapat di konten di halaman lain website yang sama. Dengan menggunakan link internal, kita akan terhindar dari pinalti mesin pencari karena terkena kasus  “duplicate content” yang sangat di benci oleh mereka. Juga, adanya link internal akan mempermudah perayap mesin pencari merayapi konten-konten sehingga proses indeksasinya jadi lebih cepat.

5. Menghindari Backlink yang Beracun dan Kurang Bagus

Sepertinya website milik kita tidak akan menerima backlink yang beracun atau kurang bagus jika kita tidak bermaksud mengumpulkannya melalui “jalan belakang” secara sembarangan.  Juga, jika kita tidak memasuki niche dengan iklim kompetisi yang berat tentunya kita tidak akan terkena serangan spam backlink jenis ini dari kompetitor kita. Selain dari itu, kita juga perlu meneliti konten kita jangan-jangan kita memberikan backlink kepada website yang beracun atau kurang bagus, jika ketemu sebaiknya kita matikan saja agar makna konten kita tetap ada meskipun tidak memberikan backlink hidup kepada website tersebut.

6. Website yang Mobile Friendly

Sebaiknya kita memastikan website kita telah mobile friendly sehingga mudah diakses dengan telepon genggam maupun tablet. Kalau tidak salah gugel pun telah mengumumkan di tahun 2016 silam bahwa mereka akan lebih mengutamakan website yang mobile friendly daripada yang tidak. Tentunya ini sepertinya akan menyebabkan pengurangan pengunjung yang datang menggunakan telepon genggam maupun tablet.

7. Menjadi Otoritas di Niche yang Dipilih

Bagaimanapun, website yang memimpin di nichenya akan menjadi otoritas dan merangkul paling banyak pengunjung jika dibandingkan dengan website lain yang seniche namun tidak memimpin. Salah satu cara yang paling terkenal yang bisa kita lakukan agar menjadi otoritas di nichenya adalah dengan membuat konten yang berguna, bermutu, serta shareable di media sosial-media sosial yang ada.

8. Meningkatkan Kecepatan Loading Website

Sebelum kita mencoba meningkatkan kecepatan loading website kita sepertinya kita perlu untuk melakukan pengetesan skor nya menggunakan GTMetriks.  Setelah itu, barulah kita menggunakan hasilnya sebagai acuan dalam meningkatkan kecepatan loading website.

9. Meningkatkan Social Signal

Memiliki banyak akun media sosial yang didedikasikan untuk website merupakan hal yang bagus sepanjang kita bisa memanfaatkannya untuk membagikan konten-konten yang baru diunggah ke website tersebut. Dengan banyaknya konten yang kita bagikan, maka diharapkan semakin banyak pengunjung yang berkunjung, selanjutnya diharapkan mereka juga membagikan konten tersebut di akun media sosial mereka sehingga social signal website akan bertambah. Asal kita tahu saja, social signal merupakan sebuah parameter yang digunakan oleh mesin pencari untuk menentukan tingkat otoritas website milik kita.

Demikianlah artikel ini saya buat, mungkin terdapat kerancuan antara parameter yang Moz gunakan serta mesin pencari gunakan, namun kita semua tahu kalau parameter yang mereka gunakan memiliki keterkaitan yang bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan skor DA/PA website. Akhir kata semoga ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari artikel tentang Cara Meningkatkan Skor DA/PA.

Tinggalkan Balasan