Keyword Ranking: Beberapa Faktor yang Mempengaruhinya (Bagian 2)

Pada bagian ke-2 ini, kita akan mencoba membahas mengenai beberapa faktor yang mempengaruhi keyword ranking yang sudah kita sebutkan di bagian ke-1 dari artikel ini.

1. Penempatan Keyword

Banyak sumber yang menyebutkan bahwa memang benar penempatan keyword mempengaruhi penilaian mesin pencari terhadap halaman web yang kita miliki. Seumpama sebuah rumah, jika di pagar halamannya ada nama kita yang terpampang secara jelas maka seorang tamu yang untuk pertama kalinya mencari kita akan segera mengerti bahwa rumah, pekarangan, dan lain sebagainya yang berada di dalam pagar adalah milik kita. Juga, apabila tamu tersebut kemudian masuk melalui pintu pagar tersebut kemudian sampai ke depan rumah kita kemudian tamu tersebut melihat plat nama kita tertera diatas pintu masuk rumah kita, maka dia pastinya akan lebih yakin serta lebih cepat tahu kalau rumah tersebut adalah milik kita bahkan diapun belum berbicara dengan kita. Jikalau kemudian kita membukakan pintu tersebut kemudian berkenalan dengan kita maka orang tersebut pastilah menganggap kita sebagai seorang yang ramah dan terbuka; ini tentunya akan menjunjung martabat serta nama kita di depan masyarakat banyak…

Demikian pulalah kiranya yang terjadi pada halaman website kita, dari sumber yang umum dan mudah di temukan di daring, jikalau mesin pencari menemukan keyword pilihan kita terdapat pada bagian pertama dari judul, bagian pertama dari URL, serta di kalimat pertama di paragraf artikel halaman website milik kita tentunya ini akan membuat halaman website kita menjadi terkenal di mata mesin pencari sebagai sebuah halaman website yang seo friendly di mana sangat mudah untuk ditemukan oleh mesin pencari ketika seseorang memerlukannya. Tentu saja ini akan bertambah top jikalau kita menggunakan heading h2, h3 di beberapa tempat di dalam artikel kita secara merata yang mana di dalamnya terdapat keyword yang sama. Namun demikian, kita tetap harus memperhatikan faktor yang akan kita bahas selanjutnya agar tidak terjadi keyword stuffing yang kurang disukai oleh mesin pencari.

2. Kepadatan Keyword

Kepadatan keyword (keyword density) mau tidak mau merupakan suatu faktor yang sangat penting untuk kita perhatikan dalam usaha kita meningkatkan keyword ranking kita masing-masing. Mengapa demikian tentunya kita sebagai seorang praktisi seo pada khususnya maupun sebagai seorang blogger pada umumnya sudah tahu. Oleh sebab itu kiranya kita tidak perlu membahasnya lagi disini. Sekarang ini yang terpenting adalah bagaimana kita membuat agar kepadatan keyword kita tidak terlalu kecil maupun terlalu besar yang akan membuat mesin pencari merasa kesulitan untuk menemukan halaman website kita entah karena minimnya keyword maupun karena terlampau banyaknya sehingga terkesan keseluruhan isi artikel di halaman website kita adalah tumpukan keyword yang tidak berguna yang sengaja kita buat untuk memaksa mesin pencari menemukan halaman website kita dan menempatkannya di page one google.

Mengenai masalah ini banyak sumber di daring yang menyatakan bahwa kepadatan keyword 1-3% sudah cukup baik, dimana per 100 kata terdapat maksimal 3 keyword, namun demikian inipun sudah menjadi bahan perdebatan yang cukup seru dikarenakan dengan kepadatan 3% saja maka akan terjadi pengulangan keyword sebanyak 30 kali untuk sebuah artikel yang memiliki panjang 1000 kata, sepertinya kebanyakan, bukan? Oleh sebab itu, untuk saya pribadi saya menghitungnya tidak secara linear melainkan menggunakan pemberat (weighted) sehingga bisa dikira-kira untuk artikel dengan panjang 300 kata ada 2 keyword, artikel dengan panjang 500 kata ada 3 keyword serta artikel dengan panjang 1000 kata ada 4 keyword. Namun demikian, ini pun bukanlah suatu harga mati dikarenakan kita boleh saja main kira-kira karena artikel kita harus memiliki sifat yang enak dibaca sehingga si pembaca tidak merasa di-robot-kan oleh kita karena kita mengejar pengoptimalisasian mesin pencari saja di dalam membuatnya.

(Bersambung ke bagian 3)

Tinggalkan Balasan