Keyword Ranking: Beberapa Faktor yang Mempengaruhinya (Bagian 3 / Habis)

Di bagian ke-3 dari artikel tentang keyword ranking ini, kita akan melanjutkan pembahasan kita mengenai beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut, yaitu tentang konten yang menarik dan backlink yang kita dapatkan.

3. Konten yang Menarik

Konten yang menarik merupakan satu hal yang sering dicari dari dua sisi yakni dari sisi pengunjung dan sisi webmaster; dari sisi pengunjung dimana mereka membutuhkan artikel yang bagus untuk dibaca setelah berpayah-payah melakukan pencarian menggunakan mesin pencari serta membuang bandwith yang tidak sedikit, sedangkan dari sisi webmaster mereka memerlukannya selain untuk menarik minat para pengunjung agar betah berlama-lama di websitenya juga agar mereka rela kembali lagi di lain waktu untuk mencari artikel terbaru milik mereka. Untuk membuat konten yang menarik memang bukan suatu pekerjaan yang mudah semudah kita membalikkan telapak tangan, namun kita bisa melakukannya secara perlahan-lahan, dan dengan banyak latihan niscaya kita akan bisa melakukannya. Saya sebenarnya juga kurang begitu paham cara membuatnya karena rasanya artikel-artikel yang pernah saya buat juga kurang menarik, hanya saja saya mencoba agar keyword-keyword pilihan saya tidak terasa terlalu “mengganjal” karena artikel yang saya buat itu didasarkan pada mereka sehingga terbaca wajar dan tidak dipaksakan, paling tidak itu menurut saya loh.

4. Backlink yang Kita Dapatkan

Beberapa tahun yang lalu saya ingat saya sering sekali melakukan tukar link dengan teman sesama pengguna blogger.com dengan tujuan agar teman yang lain melihat link blog temannya yang lain sehingga mau mengekliknya. Kemudian, saya dan teman-teman yang lain juga saling follow sehingga kami tidak pernah ketinggalan postingan masing-masing serta kemudian bisa saling mengkritik untuk kemudian kami perbaiki bersama-sama. Perbuatan kami ini merupakan tindakan untuk meningkatkan PageRank dimana memang waktu itu belum di shutdown oleh pemiliknya…

Link blog atau website kita yang ada di website yang lain biasanya disebut sebagai tautan balik atau backlink. Biasanya, seseorang akan enggan menempatkan link website orang lain di websitenya kecuali website tersebut merupakan authority site ataupun pemiliknya merupakan orang baik yang senang berbagi konten yang berguna di websitenya, ataupun rekanan bisnis dimana diperlukan alamat URL websitenya untuk digunakan sebagai link pada halaman portofolionya. Penempatan link di website orang lain dilihat sebagai sebuah penghargaan oleh mesin pencari sehingga semakin banyak blog atau website kita mendapatkan backlink, semakin tinggi pula nilainya di mata mesin pencari sehingga secara otomatis akan meningkatkan keyword ranking dari blog dan website milik kita.

Demikianlah beberapa faktor yang memiliki pengaruh terhadap keyword ranking blog dan / atau website kita, semoga bermanfaat adanya.

Tinggalkan Balasan