Local SEO dan Cara Optimalisasinya (Bagian 3 / Habis)

Yup, saat ini Anda ada di bagian ke-3 dari artikel tentang local seo ini. Di artikel ini, Anda akan mengetahui langkah-langkah berikutnya yang perlu untuk Anda lakukan saat melakukan pengoptimalisasian local seo website bisnis toko roti milik Anda. Langkah-langkah ini merupakan sambungan dari bagian 2. Nah, sekarang kita mulai saja, ya.

4. Tingkatkan CTR

Click Through Rate (CTR) merupakan perbandingan antara jumlah penayangan website Anda di halaman hasil pencarian mesin pencari dengan jumlah klik yang didapatkan. Semakin tinggi CTR, semakin besar kemungkinan terjadinya penjualan roti, baik secara online maupun offline (si pengeklik datang langsung ke toko roti Anda dan melakukan pembelian secara offline).  Berikut ini ada beberapa hal yang patut Anda coba untuk meningkatkan CTR website toko roti milik Anda:

  1. Menulis judul yang klikbait; judul jenis ini akan menarik orang untuk mengekliknya;
  2. Menulis deskripsi dengan jelas;
  3. Desainlah website Anda agar menarik dan menyenangkan;
  4. Poskan konten yang menarik di website Anda, yang mana membuat si pembaca ingin membagikannya kepada temannya.

5. Buatlah Website Anda Mobile Friendly

Sebuah website yang mobile friendly bisa diakses dengan baik dari pc maupun perangkat mobile milik Anda seperti handphone dan tablet. Website jenis ini biasanya memiliki: desain yang responsif, gambar yang telah dioptimalisasi, waktu memuat yang singkat, paragraf-paragraf yang pendek, serta sedikitnya iklan interstitial.

6. Tempatkan Detail Kontak di Website Lain

Meninggalkan detail kontak toko roti Anda di website lain yang terkenal merupakan suatu cara agar lebih banyak orang yang mengenal serta mengetahui keberadaan toko roti Anda. Dengan cara ini, kemungkinan bertambahnya langganan semakin besar.

7. Tingkatkan Keamanan Website Anda

Calon pelanggan yang merasa waswas akan keamanannya saat berkunjung ke website Anda memiliki kemungkinan yang kecil untuk berlama-lama di sana sehingga diperkirakan tidak akan mengetahui detail produk roti Anda sehingga tidak tertarik untuk membelinya. Untuk memberikan rasa aman kepada para pengunjung website Anda maka lakukanlah:

  • Pasanglah sertifikat SSL di website Anda;
  • Updatelah plugin-plugin Anda secara teratur;
  • Gunakan CDN, beberapa penyedianya menambahkan fitur security seperti anti DDOS dan lain-lain maka pilihlah dengan bijak;
  • Ikutilah GDPR policies dengan menambahkan plugin GDPR yang akan menampilkan permohonan persetujuan pengunjung mengenai data-data apa saja yang website Anda kumpulkan.

8. Jalin Hubungan Baik dengan Website Lain yang Sejenis

Hubungan baik dengan website lain yang sejenis biasanya ditandai dengan saling bertukar link sehingga pengunjung website Anda akan mengetahui keberadaan toko roti lain jika mereka tidak menemukan roti yang mereka cari di website Anda.

9. Naikkan Brand Anda Secara Kontinyu

Anda tentu tidak ingin berada di deretan paling belakang dari deretan toko roti di kota dimana toko roti milik Anda berada. Ini bisa dilakukan dengan cara-cara tersebut di bawah ini:

  • Buatlah hanya roti yang terbaik;
  • Buatlah konten tentang roti Anda dengan cara yang terbaik;
  • Poskan di website Anda;
  • Bagikan di akun media sosial resmi milik toko roti Anda;
  • Kumpulkan review dan masukan dari pelanggan toko roti Anda;
  • Amati rival Anda yang memiliki penjualan lebih baik daripada toko roti Anda, baik itu penjualan secara online maupun offline kemudian analisalah kenapa itu bisa terjadi kepada toko roti mereka dan bukan kepada toko roti Anda;
  • Intip tautan balik rival toko roti Anda serta dengan siapa saja mereka berafiliasi, kemudian ikuti;
  • Ulangi terus secara kontinyu.

9. Tetap Terhubung dengan Pelanggan Anda

Manfaatkanlah media sosial untuk tetap terhubung dengan pelanggan Anda; jangan biarkan mereka terdiam melainkan selalu kabari dengan inovasi-inovasi terbaru dari toko roti Anda, atau cukup ucapkan salam kepada mereka dengan harapan mereka tidak meninggalkan toko roti Anda untuk membeli roti di toko lain.

10. Gunakan Rich Snippet Schema.org

Rich Snippet untuk kategori produk nampaknya paling cocok untuk diisi dengan produk-produk roti dari toko roti Anda. Maksimalkanlah penggunaannya agar mendapatkan perhatian lebih dari mesin pencari.

Setelah Anda menyelesaikan seluruh poin-poin yang terdapat di dalam artikel ini dari artikel bagian 1 sampai artikel bagian 3, Anda bisa bernafas lega karena sudah selesai mengoptimalisasi local seo website toko roti milik Anda dengan baik…

Nah, demikianlah isi dari artikel kami, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari artikel tentang Local SEO dan Cara Optimalisasinya.

Tinggalkan Balasan